Social Icons

Sabtu, 14 Februari 2009

PKS KBB Mengucapkan Selamat kepada Demokrat

Hari ini PPK Mulai Menghitung Suara

CISITU,(GM)-
Proses penghitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kota Bandung baru akan dilakukan hari ini (Sabtu, 11/4). PPK baru menerima kotak suara dari tiap-tiap panitia pemungutan suara (PPS) pada Jumat (10/4).

Berdasarkan pemantauan "GM" di lapangan, sejumlah PPK sudah menerima seluruh kotak suara dari tiap-tiap TPS. Seperti yang terlihat di Kantor PPK Coblong yang dipenuhi ratusan kotak suara.

"Kotak suara dari semua TPS sudah ada disini (kantor PPK, red). Tinggal penghitungan saja besok (hari ini, red)," ujar Ketua PPK Coblong, Paryadi kepada wartawan di Kantor PPK Coblong, Jln. Cisitu, Jumat (10/4).

Selain di PPK Coblong, hal serupa juga terlihat di PPK Cidadap. Dari tiga kelurahan, yaitu Hegarmanah, Ledeng, dan Ciumbuleuit, baru Kel. Hegarmanah yang sudah mengirimkan kota suara.

Di PPK Bandung Wetan, seluruh kotak suara dari TPS sudah diterima. Kotak suara itu disimpan di Kantor Kec. Bandung Wetan dan disusun berdasarkan asal TPS dan PPS. Dari pemantauan "GM", seorang petugas Polsekta Bandung Wetan tampak berjaga di depan pintu masuk kantor kecamatan.

Seperti halnya PPK Coblong dan PPK Cidadap, pembukaan kotak suara dan penghitungan suara di PPK Bandung Wetan akan dilakukan hari ini. "Semuanya serentak mulai pukul 08.00 WIB," ujar Hidayat W., Ketua PPK Bandung Wetan.

Perolehan suara

Sementara itu, Unit Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat Bakominfo Pemkot Bandung juga membuat sistem penghitungan suara hasil pemilu. Data yang dimasukkan ke dalam database dan disebarkan melalui bakominfo.bandung.go.id itu berasal dari tiap-tiap PPS.

Kasi Dalbang TI Bakominfo, Tohir Latif mengatakan, pusat informasi penghitungan suara bertujuan untuk memberi penerangan dan informasi kepada masyarakat. "Kita mengambil data dari PPS. Sampai saat ini, baru empat PPS yang sudah mengirimkan datanya, yaitu Lebak Siliwangi, Ciateul, Pungkur, dan Garuda," ujar Tohir kepada "GM", Jumat (10/4) siang.

Dari data yang tercatat hingga pukul 18.15 WIB, suara yang sah sebanyak 40.482 suara. Posisi pertama ditempati Partai Demokrat dengan 14.158 suara (34,97%), PKS 5.799 suara (14,32%), PDIP 4.988 suara (12,32%), Partai Golkar 3.902 suara (9,64%), PPP 2.019 suara (4,99%), PDS 1.943 suara (4,8%), Partai Gerindra 1.625 suara (4,01%), PAN 1.118 suara (2,76%), Partai Hanura 885 suara (2,19%), dan PBB 627 suara (1,55%).

Penghitungan suara di Kota Cimahi pun baru akan dilaksanakan hari ini (Sabtu, 11/4). Dari pemantauan "GM", penghitungan suara hingga Jumat (10/4) sore masih di tingkat PPS. Logistik yang berisi suarat suara dari TPS-TPS kemarin sudah diserahkan ke PPK.

"Hari ini PPK Kecamatan baru menerima logistik kotak suara yang berisi surat suara dan berkas dari TPS-TPS. Kemungkinan baru besok baru bisa mulai menghitung," ujar Ketua KPUD Cimahi, Ikin Sodikin.

Di bawah target

Sedangkan hasil penghitungan cepat (quick count, red) sementara yang dilakukan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kab. Bandung Barat (KBB), menunjukkan raihan suara Partai Demokrat di KBB unggul di atas partai lainnya. Hingga Jumat (10/4) sore, PKS sudah melakukan penghitungan 35% suara.

Sebagian suara yang masuk baru dari kecamatan-kecamatan yang berada di kota, seperti Kec. Padalarang, Ngamprah, Lembang, Parongpong, Cisarua, Batujajar, dan Kec. Cihampelas.

"Kalau melihat pergerakan hasil penghitungan suara di sejumlah TPS yang masuk, raihan suara Partai Demokrat sudah jauh meninggalkan PKS, Golkar, dan PDI Perjuangan. Kans untuk mengejar Partai Demokrat tampaknya sudah tidak mungkin lagi. Maka dari itu, PKS Kab. Bandung Barat mengakui kemenangan Partai Demokrat," kata Ketua DPD PKS KBB, Didik Agus T. di Ngamprah, Jumat (10/4).

Melihat hasil perolehan suara PKS, Didik mengakui jauh berada di bawah target sebesar 20% suara, namun diperkirakan naik dari hasil pemilu 2004. "Kalau pemilu sekarang paling tidak naik menjadi 6 kursi sampai 7 kursi," ujarnya. (B.114/B.35/B.104)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates